Senin, 10 Maret 2014

GUDEG, "Perut Kenyang, Lidah Bergoyang..."

Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
  • Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
  • Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
  • Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.


Gudeg adalah salah satunya. Makanan khas Jogjakarta ini berasal dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg komplit biasanya berisi nasi, kuah santan, ayam kampung, opor ayam, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Apabila kita pergi ke daerah Jogjakarta, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi gudeg. Gudeg pun ada variannya, ada gudeg kering yang disajikan dengan areh kental, gudeg basah yang disajikan dengan areh encer dan gudeg manggar yang disajikan dengan areh berwarna putih.

Membuat gudeg memang diperlukan waktu yang lama tetapi cara pembuatannya pun relatif mudah. Satu buah nangka, ayam yang telah dipotong – potong dan juga telur rebus. Nangka tersebut direndam dalam larutan air kapur sirih sekitar 1 jam, cuci dan tiriskan.
Untuk bumbunya, pertama rebus santan bersama air teh, nangka, ayam, bumbu halus, angkak, lengkuas, daun salam, gula merah , dan garam, masak sampai agak kering. Masukkan telur rebus ke dalam bumbu yang telah jadi. Sangat nikmat apabila disajikan dengan nasi putih panas.
Di Yogyakarta, gudeg basah dapat ditemukan di sepanjang Jalan Kaliurang kawasan Barek dan Jalan Adisucipto, atau mbok-mbok penjual gudeg di pasar-pasar tradisional.Gudeg kering bisa ditemukan di daerah Karang Asem. Gudeg manggar tidak banyak dijual, tetapi kita masih dapat menemukannya di beberapa kawasan di daerah Bantul dan juga Warung Makan Mbok Brewok di Jalan Parangtritis.
Sumber : 
 http://id.wikipedia.org/wiki/Gudeg
http://travelistasia.com/gudeg-flavour-of-jogjakarta/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar